Dosen MIL UMRAH sebagai Narasumber dalam Kegiatan Kuliah Umum Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM)

Jum’at 24 Juni 2022 pukul 14.00-16.00 WIB, telah diadakan Kuliah Umum Daring dengan tema “Potensi Bioprospeksi Sumber Daya Mangrove”. Materi pada kegiatan kuliah umum tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Agung Damar Syakti, S.Pi, DEA (Guru Besar Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan sekaligus Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji). Kuliah umum ini dilaksanakan oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Kuliah umum dihadiri oleh berbagai kalangan tidak hanya dari pihak Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), tetapi juga dari Non-governmental organization atau NGO, pemerintah daerah, masyarakat umum, dan mahasiswa dari berbagai universitas. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Dr. Myrna Asnawati Safitri (Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan) dan dipandu oleh Muslim Rasyid (Kepala Sub Kelompok Kerja Partisipasi Masyarakat dan Pedesaan).

Materi yang disampaikan diawali pemahaman konsep mangrove secara umum dan penjelasan terkait bioprospeksi. Dalam penjelasan tersebut, Prof. Dr. Agung Damar Syakti, S.Pi, DEA menuturkan bahwa sumberdaya yang ada di ekosistem mangrove dapat dimanfaatkan tidak hanya pemanfaatan secara langsung tetapi juga untuk mencari dan menemukan senyawa bioaktif baru melalui eksplorasi keragaman hayati agar sumberdaya yang ada khususnya mangrove dapat dimanfaatkan lebih baik lagi. Selanjutnya beliau juga menuturkan bahwa keanekaragaman hayati mangrove dapat dikembangkan dengan pendekatan bioprospekting agar dapat memenuhi kebutuhan bahan baku masyarakat dan memiliki nilai tambah ekonomi yang lebih tinggi.

Kuliah umum ini dapat ditonton di Channel Youtube Badan Restorasi Gambut dan Mangrove – BRGM

Leave a Comment

Your email address will not be published.